Thursday, May 22, 2014

The Supper Club


Kekurangan apa yang ada dalam diri Ciara? Cantik, cerdas, ramah, sekretaris Manajer HRD di salah satu perusahaan telekomunikasi terbesar di Semarang ini juga hobi memasak dengan tingkat keterampilan yang tidak bisa diremehkan. Dan karena tak membeda-bedakan teman bergaul, fans Ciara datang dari berbagai kalangan.
Bahkan Sena, Managing Director Centro Prime pun jatuh cinta pada pandangan pertama. Hati Ciara menyambut gembira. Tapi saat dengan bangga Sena memperkenalkan si calon istri ideal kepada keluarganya, ada ketidaksetujuan yang tersirat dari sikap sang mama.
Kalau bukan karena menganggap Ciara cewek matre, apakah mama Sena tahu tentang Danny dan rahasia The Supper Club, klub kuliner tempat Ciara bergabung? Akankah Ciara mampu menepiskan perasaan demi kepentingan klub, meski akan ada korban yang berjatuhan?

Trivia:
·         Cerpen Rasa itu Mahameru yang dibaca Ciara di majalah adalah salah satu cerpen dari Budi Maryono yang pernah kudengar judulnya tapi belum sempat kubaca.
·         Nama tokoh Ganjar, ponakan Pak Nuri, kuambil dari Ganjar Pranowo, yang waktu cerita ini kuselesaikan sering nongol di talk show tvOne. Tak tahunya sekarang Ganjar Pranowo jadi Gubernur Jawa Tengah. Mungkin Gubernur perlu dikasih novel ini.

·         Presiden Direktur Helman Communications Wisnu Megantoro, bos tertinggi Ciara, adalah tokoh utama di novel Say No to Love (2007) yang begitu dicintai para penggemar sweet romance.
·         Ayam Goreng Lombok Idjo yang dihadiahkan Ganjar untuk Ciara adalah benar-benar ada. Kalau kita masuk ke restonya, kita akan kehujanan sebentar.
·         EO Coby Enterprise tempat Fendy kerja adalah pelesetan dari EO Cody Enterprise yang dulu sering kutemui pas masih kerja di Tabloid Tren antara 2001-2005.
·         Rumah kos Ciara di Jalan Sayidan kuambil dari rumah kos temanku Mia, yang saat naskah ini mulai kukerjakan (tahun 2007) ngekos di sana. Aku pernah satu kali ke sana, mengantar majalah Gradasi. Kamar kosnya di lantai dua. Dan sekarang Mia sudah menikah.
·         Acara lagu-lagu nostalgia oleh Budi Satya di Radio Imelda FM yang didengarkan Sena di mobil saat mengantar Ciara pulang adalah acara Sweet Memories, yang mengudara sejak zaman aku kecil sampai sekarang.
·         Panti Asuhan Bunda Pertiwi di Kedungmundu yang dijadikan lokasi baksos The Supper Club adalah panti asuhan milik almarhum Pak Sasongko Rahardjo, salah satu tokoh di novel Dunia Dini (2007), yang menghilang dan dicari oleh Dini dan Maya.
·         Hotel Tower, tempat Danny pernah bekerja sebagai chef, adalah jaringan hotel fiktif yang kerap muncul di novel-novelku. Hotel Tower juga menjadi tempat menginap Farah selama di Semarang dalam novel Fade in Fade out (2013). Dan temanku Ama pernah bingung nyari letak hotel ini di sebelah mananya Simpanglima!
·         Talk show Ruang Cinta tentang grafologi di Semarang TV yang syuting di lobi Menara Helman benar-benar ada di dunia nyata. Aslinya tayang tiap Sabtu pukul 21.00 WIB di Cakra Semarang TV.
·         Iklan arloji mewah yang dihias berlian Afrika Selatan, kristal Svarovski, dan kulit sapi muda seperti yang diomongkan Sena pada Ciara sekian tahun lalu pernah rutin muncul di TV, dengan pembawa acara Joice Triatman.
·         Cerita Sena tentang dirinya yang salah mengenali orang di acara gathering adalah pengalamanku pas ikut gathering Lebaran di kantor SM Pandanaran tahun 2005. Waktu itu aku menghampiri kumpulan anak-anak Radio Trax FM (sebelumnya pakai nama MTV Sky) dan mencari kenalanku, Renny. Begitu ketemu, aku pegang tangan dia. Pas noleh, ternyata bukan Renny! Aku langsung putar balik dan mengangkat tangan sambil berteriak seolah-olah ada yang manggil dari kejauhan.
·         Resep dan cara memasak French pepper steak aku baca dari artikel di Majalah Saji. Ternyata kurang satu step yang penting, yaitu marinate (dagingnya direndam di bumbu). Bagian itu ditambahkan oleh Didiet, sang editor, pas revisi.
·         Suitan “Suit, suit! Cthak, cthak! Glodhak, glodhak!” dicetuskan kali pertama oleh komikus almarhum Pak Goen (Gunawan Pranyoto) di ilustrasi artikel remaja Majalah Mop yang kubaca pas aku masih SMP dulu.
·         Nama tokoh Andin si wartawan Kompas Biro Jateng kuambil dari novelis Andina Dwifatma, yang pas cerita ini kutulis, masih sering nulis artikel di Edisi Minggu SM pakai nama pena Andien DF. Sekarang Andina berkibar lewat novel Semusim, dan Semusim Lagi yang memenangi Sayembara Novel DKJ 2012.
·         Nama identitas palsu Ciara selama dalam pelarian, Donna Setyarani, kuambil dari nama temanku yang penyanyi, Donna Setyarini. Sengaja kuubah dikit bagian belakangnya agar dia nggak terlalu ke-GR-an!
·         Buku yang ada di sebelah netbook dalam fotoku di halaman Profil Pengarang tak lain adalah novel Bonang karya Surahmat yang menjadi narasumber acara peluncuran & diskusi tanggal 29 Mei 2014 di TB Gramedia Pemuda, Semarang.


No comments: