Wednesday, March 20, 2013

Fade In Fade Out


Fade In Fade Out berkisah tentang Seto, kritikus sinetron yang berbalik menjadi penulis skenario sinetron, dan menyadari bahwa dunia di seberang sana kadang tak sesimpel apa yang bisa diamati dan dinilai. Ia terpaksa harus memilih antara idealisme atau perjuangan dari bawah lewat kompromi.
Ini beberapa hal menarik yang ada di cerita ini…

Trivia
  • Fragmen tentang ibu Shanti membeli minyak tanah dari serial sinetron (fiktif) Aku Bukan Milikmu yang diceritakan Seto berasal dari serial Cinta, dibintangi Cinta Laura, yang tayang di RCTI sekitar tahun 2009-2010.
  • Nora Umres, redaktur pelaksana Abege, muncul kali pertama di Dunia Dini. Ia muncul lagi di www.gombel.com (2011) dan buku cerpen tulisannya, Hujan di Hati Stephie, dipinjam oleh Nova.
  • Rumah di tepi sungai di Dusun Gedongan, Borobudur, Kabupaten Magelang, sungguh-sungguh ada. Deskripsinya bisa dilihat di sini.
  • Pak Sandi, ayah Seto, yang pelukis aslinya adalah almarhum bapakku, Pak Masdi Sunardi. Beliau pelukis juga, tapi kemudian ngetop lewat serial komik strip Si Kancil di Minggu Ini (sebelum menjadi tabloid Cempaka Minggu Ini) di Semarang tahun 1982. Habis itu, ia dipanggil dengan Pak Kancil.
  • Sinetron Keluarga Kancil dan PH bernama DBB diilhami dari sinetron Ooh… Pak Bei! yang diproduksi PH DBB/Vertigo namun produksinya berhenti di tengah jalan tahun 2009 dan hingga kini belum berlanjut kembali.
  • Farah adalah anggota keluarga Perdana, pemilik saham mayoritas PT Buttercup Indonesia Tbk. Keluarga Perdana dan Buttercup muncul kali pertama di novel Dunia Dini (2007), saat Dini dan Maya menyelidiki hilangnya mantan kepsek mereka, Pak Sasongko Rahardjo, yang punya keterkaitan dengan keluarga Perdana.
  • Marcell Darwin yang ikut audisi pemeran utama sinetron Keluarga Kancil membintangi satu-satunya FTV-ku (ide cerita; skenario oleh orang lain) yang pernah tayang di RCTI tahun 2008. Judulnya Bhurger Bhunder. Tentang seorang cowok yang pedekate ke ceweknya dengan menjadi pengusaha burger. FTV itu diproduksi Aamardyo Pictura, satu grup dengan DBB/Vertigo.
  • Soal nama depan Kramer di serial Seinfeld yang dipakai sebagai trik marketing untuk mendongkrak rating oleh pihak NBC kubaca di website tv.com pas nonton seluruh season Seinfeld di STAR World (Astro almarhum) tahun 2007 lalu.
  • Achie, calon isteri Danu Mananta, muncul kali pertama di Dunia Dini. Ia membantu penyelidikan Dini & Maya dan sekaligus mengungkap rahasia lama di keluarganya soal kematian budenya, Alexa Perdana.
  • Dini dan Maya muncul kali pertama di Dunia Dini sebagai kru majalah Tinta, majalah sekolah mereka, SMA 25 Semarang, yang magang di tabloid Abege, tempat kerja Seto. Mereka disebut sekilas oleh Bimo di The Unfunniest Comedy (2011). Saat ini aku sedang menggarap cerita mereka (yang sudah masuk “usia metropop”!) menyelidiki kasus kriminalitas sungguhan. Tunggu tanggal mainnya!
  • Wisnu Megantoro, boss Helman Communications, adalah tokoh utama di Say No to Love (2007), novel metropop pertamaku. Ia sedang akan menikah dengan Dewi, mantan sekretarisnya yang berwajah mirip Agni Pratistha.
  • Seto memakai nama Seto Estopo di Facebook. Estopo adalah nama samaranku saat bikin cerbung atau cerpen di tabloid Tren dan majalah g-Mag. Kemunculanku sebagai Estopo dimulai lewat cerbung Dari Lubuk Hati yang dimuat di Tren tahun 2001, tepat sesudah cerbung Bukan Sephia (Nora Umres) tamat.
  • Cerita Kafe Lima adalah cikal bakal kelahiran tokoh Dini dan Maya yang mulai kutulis awal tahun 1990-an, jauh sebelum era Teenlit lahir. Ceritanya terilhami dari serial Beverly Hills 90210 dan Melrose Place, dengan tokoh utama delapan orang. Setelah melalui berbagai macam evolusi, dari delapan itu yang muncul tinggal Dini & Maya.
  • Film (fiktif) Prom Nite yang dibikin sampai empat sekuel muncul kali pertama di The Rain Within (2005). Di situ, Wening, eks gebetan Elan si pemain sepakbola, lolos audisi untuk membintangi judul kedua Prom Nite, yaitu Prom Nite 4Ever.
  • Software Final Draft, word processor khusus untuk menulis skenario, aku dapat gratisan dari Humam Afief, sutradara sinetron Sangkuriang yang dulu ngetop di SCTV tahun 2003, mantan suami artis Paquita Widjaja. Satu dekade lalu, aku sempat ikut dengan mereka menggarap sinetron produksi Humam setelah Sangkuriang, yaitu Roro Jonggrang. Sayang skenarioku hanya jalan 2 episode, dan produksi Roro Jonggrang sendiri berhenti setelah 13 episode.
  • Adegan wartawan nggak bawa bolpen adalah kisah nyata pas aku diajak Humam Afief ke lokasi syuting Sangkuriang di Cibubur dan aku hendak mewawancarai pemeran utamanya, Ari Dwi Andika, tapi jebul aku nggak bawa bolpen. Alhasil, batal deh wawancaranya…!
  • Kisah Pangky Soelaiman yang dibajak pada detik-detik terakhir sebelum teken kontrak sungguh-sungguh terjadi saat penggarapan sinetron Ohh… Pak Bei! oleh DBB/Vertigo. Tentu saja yang mengalami hal itu adalah “versi” aslinya, yaitu aktor senior Hengky Soelaiman yang dikasting jadi Pak Tohar, tetangga Pak Bei yang berpendengaran kurang.
  • STIK (Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi) Semarang tempat Seto menjadi trainer dalam pelatihan jurnalistik adalah almamaterku dulu. Sekarang namanya berubah jadi STIKOM.
  • Wira si wartawan olah raga tabloid Abege muncul kali pertama di The Rain Within, lalu menjadi tokoh utama di Rendezvous at 8 (2006). Di situ, ia jadian dengan Vida, vokalis band Rendezvous at 8, pas malam tahun baru di pelabuhan peti kemas Tanjung Emas, Semarang.
  • Bus yang penuh pengamen dan penjual asongan hilir-mudik almost nonstop adalah suasana sepanjang perjalanan bus kelas ekonomi Semarang-Jogja. Pengamen terbanyak biasanya muncul begitu masuk kota Magelang. Benda paling aneh yang pernah kulihat dijual para penjual asongan itu adalah mesin jahit mini!
  • Channel TV lokal Semarang TV kali pertama muncul di Say No to Love dalam adegan Wisnu akan diwawancarai untuk acara profil tokoh. Semarang TV juga muncul di The Unfunniest Comedy, yang akan menayangkan acara komedi grup lawak Ora Obah. Dan sekarang, di dunia nyata, aku ikut memproduksi acara talk show grafologi Ruang Cinta di Semarang TV dengan narsum grafolog Aulia A Muhammad.
  • Seto mengirim skenario sinetron dengan file bernama “eps1_d&d.fdx” ke Roy. Ekstensi FDX adalah ekstensi untuk file-file Final Draft.
  • Relung Sukma, anak Pak Bari yang mengirim puisi ke tabloid Abege, aslinya adalah seorang fotografer.

No comments: