Monday, September 19, 2005

The Colors of Our Dreams (2002)

Author: Noah Bevins (Editor)
Rilis: Juli 2002
Penerbit: International Library of Poetry, Owings Mills, Maryland, USA
Tebal: 279 halaman
Genre: Anthology/poetry

Saya jadi penyair di taraf internasional? Kayaknya ini merupakan sebuah gagasan yang sangat sukar untuk ditelaah dengan akal sehat, bahkan oleh diri saya sendiri. Tapi saya emang pernah masuk dalam sebuah buku antologi puisi terbitan Amerika Serikat, meski cuman untuk level penyair amatir.
Ceritanya, sekitar pertengahan 2001, mengikuti jejak Redpel Tabloid tren saat itu, Kang Budi Maryono, saya mencoba nulis puisi untuk situs Poetry.Com milik International Library of Poetry (ILP). Saya pun mencoba-coba nulis puisi bahasa Inggris. Judulnya The Final Good News.

Puisi itu diikutkan ke kontes tahunan puisi amatir tahun 2001. Sayang pas pengumuman bulan November, puisi saya gak masuk final yang berhadiah duit $ 10.000 (Rp 100 juta). Tapi meski cuman sampe semifinal, The Final Good News tetep masuk ke buku antologi puisi berjudul The Colors of Our Dreams yang kovernya luar biasa keren ini.
The Final Good News dipajang di halaman 56, bareng beberapa judul lain kayak Clouds karya Jennifer Neal, Mariner of Life (Tristan Cooper), Cherished (Jamie Diane Cook), dan juga Just Three Words (Emily Dorman).
Yang jelas kiprah saya sebagai penyair amatiran internasional nggak berlanjut lagi abis itu. Sampai sekarang, saya cuman punya dua stok puisi di Poetry.Com. Selain The Final Good News, satu puisi lagi adalah Blue Jasmine yang saya dedikasikan untuk teman saya yang penyair sungguhan, Lani Herlina.
Bikin puisi itu emang asli sulit, apalagi yang pake bahasa Inggris…

No comments: