Monday, September 19, 2005

Panduan Praktis: Pembuatan Homepage dengan MS FrontPage 2000 (2002)

Rilis: Februari 2002
Penerbit: Wahana Komputer, Semarang/Andi Offset, Yogyakarta
Tebal: 250 halaman
Genre: Non fiction/computers/guide
Status: Uncredited

Jauh sebelum era Teen’s Heart, sebenarnya inilah buku pertama saya. Panduan Praktis: Pembuatan Homepage dengan MS FrontPage 2000 berisi tuntunan praktis dan aplikatif untuk membuat website sendiri memakai program MS FrontPage 2000 yang udah termasuk dalam OS Windows 98 ke atas.
Cuma aja, di buku ini status saya masih uncredited. Nama saya sebagai pengarang nggak dicantumin di buku, karena emang demikianlah perjanjiannya dengan pihak penerbit, khususnya Wahana Komputer.
Kontrak kerjanya saat itu emang berat di penerbit. Salah satu klausulnya nyebutin, kalo terjadi kasus tuduhan pelanggaran hak cipta, semua tanggung jawab ada di pengarang pribadi, sementara nama pengarang nggak boleh dicantumin. Jika bukan karena para pengarang lagi desperately bener-bener butuh kerjaan, rasanya nggak akan ada penulis yang mau melayani tawaran kerja model begini!

Buku ini saya kerjakan periode September-Desember 2001. Agak lucu juga kalo diingat, soalnya waktu itu (dan juga hingga sekarang) saya nggak mudeng sama sekali pengoperasian FrontPage. Saya cuman tahu cara-cara globalnya, tapi kalo disuruh bikin situs sungguhan, jelas angkat tangan.
Saat ini pun saya masih heran bagaimana dulu saya bisa bikin rentetan penjelasan sedetail dan seaplikatif itu. Bahkan rasa-rasanya yang nulis buku itu orang lain sama sekali. Orang yang beli dan lantas baca dan lantas mraktekkin sungguhan semua guide di buku itu pasti mengira saya ini pakar web design kelas mahir. Padahal satu-satunya website yang sekarang saya punya cuman nebeng di GeoCities, hehe…!
Untuk mengatasi kendala uncredited tadi, saya memasang nama dan profil saya dalam contoh-contoh gambar panduan membuat website pribadi di Bab IV mulai halaman 45. Di situ nampang jelas nama Wiwien Wintarto, profil, tanggal lahir, dan juga email. Pokoknya, gimana mereka mengakali pengarang, pengarang harus bisa balik mengakali klausul kontrak!

8 comments:

Anonymous said...

SAYA SEORANG PELAJAR KELAS X11 SMA.SAYA MENDAPAT TUGAS AHIR MEMBUAT DESIGN WEB.SAYA RASA BUKU YANG ANDA TAWARKAN SANGAT COCOK DENGAN KEBUTUHAN SAYA SAAT INI.SAYA TIMGGAL DI KECAMATAN PANDAAN KABUPATEN PASURUAN.KIRA2 TOKO BUKU TERDEKAT MANAKAH YANG BISA SAYA KUNJUNGI UNTUK MENDAPAT BUKU ANDA?

wiwien wintarto said...

Di TB Gramedia biasanya jual, tapi karna ini sudah lewat 7 tahun, saya nggak tau apakah masih ada toko buku yg memajangnya atau nggak. Kemungkinan sudah ditarik dari peredaran karna diganti dg program2 yg lebih maju. Lagipula skrg kan web design banyak yg pakai flash macromedia drpd MS FrontPage.

Anonymous said...

Thanks for a marvelous posting! I really enjoyed reading it,
you happen to be a great author. I will be sure
to bookmark your blog and will come back in the future.
I want to encourage you to definitely continue your great job,
have a nice holiday weekend!

Feel free to surf to my website; advantage 10 for dogs

Anonymous said...

Terrific post however , I was wondering if you could write a litte more on this topic?

I'd be very thankful if you could elaborate a little bit further. Kudos!

Feel free to surf to my homepage :: phen375 australia

Anonymous said...

I would like to thank you for the efforts you've put in penning this website. I really hope to view the same high-grade content from you in the future as well. In truth, your creative writing abilities has motivated me to get my very own site now ;)

Feel free to surf to my homepage; ricambi auto multimarca

Anonymous said...

Excellent post. I was checking constantly this blog and I'm impressed! Extremely useful info specially the last part :) I care for such info much. I was seeking this particular information for a long time. Thank you and good luck.

My site - advantage for small dogs

Anonymous said...

Appreciate this post. Will try it out.

my blog psd party flyer templates

Anonymous said...

You made some good points there. I checked on the net to find out more about the issue and found most individuals will go along with
your views on this website.

Feel free to surf to my weblog: companion pet clinic gold canyon az