Monday, April 13, 2015

Kinanti Featuring Arantxa



Demi menghindari lamaran pengusaha bebek bangkotan, Kinanti terpaksa meninggalkan desanya menuju Semarang. Dalam segala keterbatasan, ia harus memulai lembaran baru yang asing dan tak menentu.
Berbagai karakter unik ia temui. Arantxa yang hobi keluyuran, Rendra yang tidak tamat kuliah, serta Theo yang tidak punya gairah hidup.

Mereka semua berada pada persimpangan paling kritis untuk menentukan masa depan. Ketika tak menemukan pegangan, mau tak mau mereka harus saling mendukung. Atau mimpi mereka akan menjauh, tak akan pernah bisa diraih lagi.
Lalu pada suatu malam, di depan piano, musik membuat satu per satu hati mereka menjumpai keajaiban yang paling indah…

Trivia:
·         Semua judul bab memakai judul lagu, dan nama pembawanya. Ini kedua kalinya aku memakai lagu sebagai judul bab setelah Rendezvous at 8.
·         Desa tempat asal Kinan, Gedongan, sungguh-sungguh ada. Letaknya di Desa Wanurejo, Kecamatan Borobudur, dan merupakan kampung halamanku. Desa itu pernah muncul di The Sweetest Kickoff dan Fade in Fade out.
·         Kompleks perumahan (fiktif) Lazuardi Estate adalah tempat tinggal Emma dan Bella dari novel Waiting 4 Tomorrow (tapi beda dari Bella di Kinanti Featuring Arantxa) serta keluarga Sena di The Supper Club.
·         SMA Lazuardi, almamater Ara, adalah juga tempat sekolah Rainie Febri di The Rain Within dan Vida (Rendezvous at 8).
·         Kios rental VCD Zoom In adalah toko persewaan milik kakak beradik Erland dan Dessy di novel Rendezvous at 8.
·         Anekdot tentang Mbah Jo dan Pak Modin berasal dari Humor Suroboyoan yang sekian tahun lalu sempat populer di milis Yahoo!, dan pernah diobrolkan Prita dan Edo di novel Grasshopper.
·         Seto anak Pak Kancil pelukis yang diobrolkan Kinan pada Ara adalah tokoh utama di novel Fade in Fade out, yang akhirnya jadian sama Farah Perdana, owner klub Magelang FC.
·         DJ Yoz yang ditanggap Stefi untuk meramaikan pesta ultah Klara adalah makhluk nyata. Nama lengkapnya DJ Yozar, salah satu teman yang merangkap kerjaan sebagai novelis plus DJ. Novelnya yang pernah muncul berjudul (Masih) Menanti: Cinta Untukmu Ada di Garis Finish pakai nama pena Yozar F. Amrullah, terbitan PING!!! Yogyakarta.
·         Jika dikaitkan dengan timeline cerita The Supper Club, saat Sena yang menemui Theo merupakan saat-saat terakhirnya masih berada di Semarang sebelum pergi ke luar negeri ketemuan dengan Davina lalu jalan-jalan ke Eropa dan kemudian, atas rekues Ciara, dia kemudian “dibereskan” oleh Toni. Namun masih belum jelas apakah Sena sudah benar-benar hilang. Hal itu masih merupakan misteri sampai sekarang…
·         Panti Asuhan Bunda Pertiwi di Kedungmundu adalah panti asuhan yang didanai Pak Sasongko Rahardjo di novel Dunia Dini, dan juga dijadikan lokasi bakti sosial masak-memasak komunitas The Supper Club oleh chef Danny dan Ciara di The Supper Club.

No comments: