Wednesday, December 14, 2011

www.gombel.com


Popularitas laman cerita seram terbesar Indonesia, www.gombel.com, sebenarnya tengah berada dalam grafik menaik. Sayang kemudian sebuah fenomena yang aneh dan misterius terjadi. Cerita-cerita tertentu yang dipasang di situs itu memuat lelembut sungguhan. Siapapun yang menerima dan membacanya akan langsung mengalami kejadian yang mengerikan.
Ada yang melihat penampakan, suara-suara misterius, mencium bau kemenyan atau kembang melati, bahkan ada yang kesurupan fatal sampai harus dimasukkan ke rumah sakit jiwa!
Bersama Arad si wartawan partikelir, Nova berusaha menyingkap misteri itu. Dan titik terang pertama yang didapatnya adalah, cerita-cerita seram yang menimbulkan efek menakutkan itu adalah yang ditulis oleh seorang member Gombel.Com dengan user ID rana_rani.
Berpacu dengan waktu, mereka harus secepat mungkin membongkar misteri apa yang terkandung di balik cerita-cerita dari rana_rani. Namun upaya mereka sama sekali tak mudah karena harus berhadapan langsung dengan sesosok makhluk halus penuh dendam yang memiliki kekuatan luar biasa.
Misteri demi misteri bermunculan dan membuat semuanya bertambah rumit. Siapa itu Rana? Apa yang sebenarnya terjadi pada tanggal 13 Desember 2004—tujuh tahun lalu—di sebuah tempat yang bernama Kalikulon? Dan apa yang sesungguhnya tengah dicari oleh Rana?


Trivia:
  • Cerita tentang sapu tangan merah konon adalah cerita nyata yang dialami oleh kakak Pak Jos, salah seorang rekan kerja almarhum ayahku di Suara Merdeka.
  • Kampus Unisbank Semarang kupakai sebagai salah satu lokasi (dan juga kampusnya Nova) karena saat cerita ini kutulis (2007) aku kerap kumpul dengan beberapa tukang lunpia (sebutan untuk anggota komunitas blogger Loenpia.Net) yang kuliah di sana.
  • Gara-gara menulis novel ini, aku tahu nama resmi RSJ Semarang adalah RSJ Daerah Amino Gondohutomo.
  • Seto, redaktur fiksi tabloid Abege, juga muncul di The Unfunniest Comedy (2011) dan akan menjadi tokoh utama novel metropopku sesudah ini. Turut muncul adalah para kru redaksi Abege lainnya, yaitu Tommi, Nora (Umres), Wira, Bona, dan Roman.
  • Pas cerita ini kutulis, di Semarang belum ada koran bernama Harian Semarang. Sekarang tahu-tahu ada, berdiri sejak 2009, dan kebetulan namanya sama persis. Bukan ngiklan, hehe…
  • ASD alias Akademi Sekretaris Dirgahayu yang disebut Nova adalah almamater Dewi, tokoh utama dalam Say No to Love (2007).
  • Parangkembang V adalah nama sebuah gang beneran di perumahan Tlogosari. Dulu yang pernah tinggal di sana adalah dua teman kuliahku, Faiqoh dan Ary Leo—ngekos.
  • Dini dan Maya yang disebut Seto adalah Dini dan Maya dari SMA Negeri 25 Semarang dari novel Dunia Dini (2007). SMA 25 juga adalah sekolah dari para anggota grup lawak Ora Obah dalam The Unfunniest Comedy.
  • Kampoeng.Net adalah biro desain web sungguhan yang menangani website tabloid Tren sejak tahun 2002 hingga Tren tutup tiga tahun kemudian.
  • Hujan di Hati Stephie adalah buku kumpulan cerpen sungguhan karya Nora Umres. Cerpen yang menjadi judul buku kumcer itu pernah disinetronkan menjadi FTV berjudul sama pada tahun 2008 dan tayang di TV lokal Semarang, Cakra Semarang TV. Sutradaranya adalah Mas Handry TM, sedang aku menjadi penulis skenario dan yang ngarang menjadi produser!
  • Band Rendezvous at 8 adalah tokoh utama novel Rendezvous at 8 (2006). Sedang Paprika adalah band indie sungguhan yang pernah malang melintang sekitar tahun 2005.
  • Buttercup adalah perusahaan produsen makanan olahan yang nongol dalam Dunia Dini dan The Sweetest Kickoff (2009). Sedang Taurus Corp adalah perusahaan multinasional milik Rainie dalam novel The Rain Within (2005).
  • Cansebu Spa Hotel betul-betul ada, tapi di Bogor, Jawa Barat. Bareng keluargaku, aku pernah menginap semalam di spa hotel itu pas menghadiri pernikahan saudara sepupu tahun 2002 lalu. Sayangnya tak sempat nyepa (maksudnya, menggunakan fasilitas spa!).
  • Adegan penjelasan seluruh misteri pada bagian akhir di kantor tokoh Bos Besar di sini meniru adegan serupa dalam novel-novel Trio Detektif-nya Alfred Hitchcock (teks Robert Arthur). Bedanya, jika di sana Jupe, Pete, dan Bob memberi penjelasan pada Mr. Hitchcock, di sini Arad dan Nova memberi penjelasan pada Mas Tommi, Pemred Abege.

No comments: